Selasa, 23 April 2013

Penguatan dan Penghiburan ( Kasih yang Luar Biasa 3)

Alkitab tidak hanya menceritakan kisah sukses dan inspirasional. Ada juga cerita-cerita mengenai keputusasaan dan hilangnya semangat.

Elia, seorang nabi yang dipakai dengan luar biasa oleh Tuhan, menjadi ketakutan karena ia telah mengalahkan nabi-nabi Baal. Elia mendapat ancaman dari Izebel yang membuatnya menjadi gentar.

Yunus, sengaja melarikan diri saat ada penugasan untuk ke Niniwe. Dimana penugasan ini disampaikan langsung oleh Tuhan.

Petrus, setelah peristiwa penyaliban , memutuskan untuk undur dari pelayanan dan kembali menjadi nelayan.

Mengetahui semua ini, Tuhan tidak menunjukkan reaksi yang negatif. Ia tidak menghardik mereka atau memojokkan sikap mereka. Tuhan tidak bilang ke Elia "wah kamu payah banget, kan baru Saya kasih lihat kuasa Saya mengalahkan nabi Baal, masak baru diancam sudah ketakutan", melainkan Ia hadir dalam ketakutan yang dialami oleh Elia melalui hadiratNya yang menenangkan. Ia secara mengejutkan memberikan hadiah khusus kepada Elia berupa pengangkatan ke surga tanpa melalui kematian.

Ia juga tidak "memecat" Yunus dari pelayanannya . Sebaliknya, Ia tetap mempercayakan tugas Niniwe kepada Yunus.


Bahkan menghadapi Petrus yang patah semangat, Yesus sengaja datang dan menyediakan waktu untuk berbicara berdua dengan Petrus.

Menghadapi perilaku kita yang terkadang kurang beriman, Yesus tidak pernah putus asa.  Ia adalah Tuhan yang mengerti kesulitan kita dan Tuhan yang mau mendengarkan keluh kesah kita. Ia tetap hadir di dalam segala sesuatu, bukan untuk menuntut atau menghakimi tetapi memberikan harapan dan dukungan. 

Tugas kita adalah menyediakan waktu untuk berada dekat dengan Nya. Fokus pada kasih Nya , bukan fokus pada rasa takut , keraguan dan keputusasaan.

Tuhan memberkati!

2 Korintus 1:3
Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan

PS
Baca juga :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar